Sunday 5 October 2014

Ujung Selatan Indonesia

Pulau Rote


Kabupaten Rote Ndao terbentuk pada tahun 2001 dengan ibukota terletak di Ba'a. Daerah ini sebelumnya adalah bagian dari Kabupaten Kupang. Kabupaten ini terkenal dengan tempat pariwisata yang begitu indah seperti Pantai Nemberala dan Pantai Boa. Kedua pantai ini merupakan surga bagi para peselancar di dunia karena terkenal dengan ombak yang besar. Di Rote sendiri memiliki keunikan di kantor bupatinya dimana atap kantor bupatinya ynag berbentuk Ti’i Langga
Akses transportasi dan akomodasi ke daerah ini juga sudah cukup lengkap. Bandar Udara Lekunik merupakan akses transportasi utama menuju daerah ini. Dari jalur laut 2 pelabuhan utama yaitu, Pelabuhan Ba'A sebagai tempat bersandarnya kapal Express Bahari dari dan ke Kupang ibukota Provinsi NTT, dan Pelabuhan Pantai Baru yang melayani penyeberangan kapal fery indonesia dari dan ke Rote dari Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur, daerah ini bisa dicapai dengan angkutan laut maupun pesawat terbang. Lalu lintas barang dan jasa umumnya mengandalkan kapal feri yang setiap hari melayani rute Kupang-Ba'a sekitar empat jam. Rute lain, seperti Makassar dan Surabaya, dilayani oleh perahu dan kapal motor dari pelabuhan rakyat (Pelra), seperti Papela (Rote Timur), Oelaba (Rote Barat Laut), Batutua (Rote Barat Daya), dan Ndao (Pulau Ndao). Jalur udara sampai sekarang hanya seminggu sekali.
Untuk transportasi darat yang menghubungkan daerah-daerah di pelosok Kabupaten Rote Ndao dapat diakses melalui Terminal Laitasi dan Terminal Metina di Kecamatan Lobalain, Terminal Baudale di Kecamatan Rote Tengah dan Terminal Pantai Baru di Kecamatan Pantai Baru.
Demikian deskripsi singkat tentang pulau Rote, deskripsi selanjutnya akan dibahas pada artikel berikutnya
Terima kasih

No comments: